Thursday, October 10, 2013

Freezing The Scene (Bagian 5)


Persiapan Pra Insiden
Sesuai survey  (Desember 2000) dari [1], ancaman terbesar dari jaringan komputer adalah: 68% karyawan, 17% hacker, 9% kompetitor, dan 6% customer. Artinya kita masih harus melakukan perlindungan jaringan baik dari dalam maupun dari luar. The Information Security Management Handbook, Vol. 2 halaman 559 menyatakan jenis insiden [11]:
·         Virus
·         Unauthorized access
·         Pencurian atau kehilangan kepercayaan pada informasi
·         Serangan denial of service pada sistem
·         Korupsi informasi
Untuk menghadapi penyusupan dan serangan dapat dilakukan persiapan berikut [2][4]:
·         Penggunaan beberapa tool untuk mencegah penyusupan dengan deteksi. Amati aktivitas pada port- port yang biasanya berkaitan dengan trojan, backdoor, denial of service tool, dan yang serupa. Pergunakan tool semacam Tripwire untuk mengamati perubahan pada sistem, yang memungkinkan membuat snapshot sistem  Pemeriksaan lainnya adalah mode promiscous pada network card dan adanya kompilator  yang diinstall.
·         Kebutuhan untuk backup sistem yang baik sehingga bisa melakukan restore data sebelum penyusupan.
·         Jika diasumsikan penyusup mempergunakan sniffer untuk menangkap password, maka perlu diterapkan kebijakan pasword yang tepat.  Bisa juga dipertimbangkan one time password. Practical Unix & Internet Security, oleh Simson Garfinkel dan Gene Spafford, merekomendasikan  "Jangan mengirimkan clear text password yang bisa dipergunakan kembali lewat koneksi jaringan. Pergunakan one-time password atau metode rahasia “
·         Suatu kebijakan keamanan harus diterapkan  untuk menangani insiden yang muncul, dan harus cukup mudah diimplementasikan dan dimengerti oleh setiap orang [1]. Misalkan capture tampilan, jangan matikan komputer, lakukan shutdown normal, copot modem, labeli semua alat, dan tulis semua yang mungkin. Harus ditentukan standard operating procedures (SOP) di mana akan memastikan tidak ada kontaminasi dengan data lain atau data kasus sebelumnya [12].
·         Lakukan instalasi patch security dari vendor sistem operasi atau aplikasi.
·         Matikan semua service jaringan yang tidak dipergunakan, dan pergunakan security/auditing tool
·         Luangkan lebih banyak waktu untuk mempelajari sistem anda dengan lebih baik
·         Aktifkan fasilitas logging dan accounting
·         Lakukan audit dan pengujian pada sistem secara rutin
Banyak organisasi tidak hanya mengabaikan penerapan keamanan untuk melindungi jaringan dan data mereka, tetapi juga tidak siap untuk menangani penyusupan dan insiden [11]. Organisasi harus menerapkan perencanaan respon dan pelaporan insiden, serta membuat team untuk menanganinya. Hal itu bisa juga dilakukan dengan menyewa ahli forensik dari perusahaan keamanan. Saat diduga terdapat kecurigaan compromise keamanan atau tindakan ilegal yang berkaitan dengan komputer, maka akan merupakan suatu hal yang penting untuk melakukan langkah–langkah dalam menjamin perlindungan terhadap data pada komputer atau media penyimpanan. Penyimpanan data diperlukan untuk menentukan compromise tingkat keamanan dan letak bukti-bukti yang mungkin berkaitan dengan tindakan ilegal [10].
 Penanganan Dan Respon Pada Insiden
Respon awal pada penanganan insiden bisa sangat mempengaruhi analisis laboratorium [12]. Orang-orang tidak berkepentingan tidak seharusnya dibiarkan di sekitar tempat kejadian perkara. Perlu adanya dokumentasi mengenai perlindungan barang bukti, analisis dan laporan penemuan.
Suatu kebijakan dan prosedur penanganan insiden sangat penting untuk setiap organisasi. Hal-hal yang harus diingat adalah [19]:
·         Bagaimana untuk mengamankan atau menjaga barang bukti, baik dengan membuat copy image dan mengunci yang asli, sampai kedatangan ahli forensik
·         Di mana atau bagaimana untuk mencari barang bukti, baik itu di drive lokal, backup sistem, komputer atau laptop
·         Daftar yang harus dipersiapkan untuk laporan menyeluruh
·         Daftar orang untuk keperluan pelaporan, pada suatu situasi tertentu
·         Daftar software yang disarankan digunakan secara internal oleh penyelidik
·         Daftar ahli yang disarankan untuk konsultasi
Tidak semua perusahaan memiliki ahli forensik, kalau pun ada mereka tidak selalu berada di tempat. Sehingga pada saat terjadi insiden staf harus terlatih sekurang-kurangnya [19]:
·         Membuat image, sehingga yang asli tetap terjaga
·         Analisis forensik dilakukan semua dari copy
·         Memelihara rincian media dalam proses
Respon awal pada keamanan komputer bisa jadi lebih penting daripada analisis teknis selanjutnya dari sistem komputer, karena dampak tindakan yang dilakukan oleh tim penanganan insiden [10]. Dalam suatu kejadian yang dicurigai sebagai insiden komputer,  harus ada perlakuan secara berhati-hati untuk menjaga barang bukti dalam keadaan aslinya. Meski kelihatan sesederhana melihat file pada suatu sistem yang tidak akan menghasilkan perubahan media asli, membuka file tersebut akan mengakibatkan perubahan. Dari sudut pandang legal, hal tersebut tidak lagi menjadi bukti orisinil dan tidak bisa diterima oleh proses administratif hukum.
Tiap organisasi harus memiliki suatu tim penanganan insiden. Tim harus menulis prosedur penanganan insiden. Prosedur sederhana untuk mengamankan suatu insiden komputer [10]:
1.      Amankan lingkungan
2.      Shutting down komputer
3.      Label barang bukti
4.      Dokumentasikan barang bukti
5.      Transportasikan barang bukti
6.      Dokumentasi rangkaian penyimpanan
Berikut adalah dokumen penanganan insiden yang populer dari SANS Insititute [15]. Ini merupakan dokumen konsensus di mana:
·         Semua partisipan menyarankan elemen dan perubahan
·         Proses berjalan dengan banyak perulangan
·         Beberapa masalah disajikan dengan banyak pilihan
·         Setiap partisipan harus menyetujui keseluruhan dokumen
Hasilnya adalah panduan untuk persiapan dan respon pada insiden keamanan. Terdiri dari 44 halaman, menyatakan 90 tindakan dalam 31 langkah dan 6 fase. Di sini ditunjukkan bagaimana berespon pada jenis insiden tertentu seperti probing, spionase, dan lainnya. 6 Fase tersebut adalah:
1.      Fase 1: Persiapan (42 tindakan)
2.      Fase 2: Identifikasi (6 tindakan)
3.      Fase 3: Pengisian(17 tindakan)
4.      Fase 4:  Pembasmian (10 tindakan)
5.      Fase 5: Pemulihan (6 tindakan)
6.      Fase 6: Tindak lanjut (9 tindakan)
Salah satu bagian dari dokumen [15] yang bisa dipergunakan perusahaan yang belum siap menghadapi insiden adalah Emergency Action Card, berupa sepuluh langkah berikut:
  1. Tetap tenang sehingga menghindari kesalahan fatal
  2. Buatlah catatan yang baik dan relevan: siapa, apa, bagaimana, kapan, di mana, mengapa
  3. Beritahu orang yang tepat dan carilah pertolongan, mulai dari koordinator keamanan dan manajer
  4. Tetapkan kebijakan orang-orang terpercaya yang boleh tahu
  5. Gunakan jalur komunikasi terpisah dari sistem yang mengalami compromise
  6. Isolasi masalah sehingga tidak bertambah buruk
  7. Buat backup sistem
  8. Temukan sumber masalah
  9. Kembali ke pekerjaan semula setelah backup terjamin, dan lakukan restore sistem
  10. Belajar dari pengalaman

Pembahasan bab-bab sebelumnya dapat di akses dibeberapa link berikut:
part 1 
part 2 
part 3 
part 4 

0 comments:

Post a Comment