Tuesday, November 2, 2010

Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) Gunadarma


Universitas Gunadarma merupakan universitas terkemuka di bidang komputer dan sistem informasi. Dengan memberikan kemudahan kepada mahasiswa untuk mengetahui info-info terkini tentang perkuliahan serta administrasi perkuliahan dimana mahasiswa bias mengaksesnya dimanapun dia berada tanpa harus datang ke kantor kepengurusan. Universitas ini juga berbasis teknologi komputer yang menunjang segala aktivitas perkuliahan maupun non perkuliahan.

Jenis layanan yang di sediakan oleh Gunadarma sangat berguna dan membantu mahasiswa untuk mendapatkan berbagai informasi yang selalu ter-update tiap harinya, salah satunya adalah BAAK. BAAK Universitas Gunadarma adalah biro yang menangani segala sesuatu yang berkaitan dengan penyelenggaraan kegiatan belajar-mengajar di Universitas Gunadarma dan administrasi akademik bagi seluruh mahasiswa Universitas Gunadarma.

Bagian yang terdapat di BAAK antara lain :

1.     Bagian Ujian Semester dan Bank Soal;
2.     Bagian Koordinasi Perkuliahan
          * Sub Bagian Jadwal Kuliah;
          * Sub Bagian Koordinasi Mata Kuliah dan Penasihat Akademik;
          * Sub Bagian Penghubung dan Pendamping Dosen.
3.     Bagian Monitoring Kuliah.
          * Sub Bagian Monitoring Kehadiran Dosen;
          * Sub Bagian Monitoring Kehadiran Mahasiswa.

Didalam BAAK terdapat situs jurusan yang didalamnya terdapat penjelasan terhadap berbagai macam jurusan yang berada di universitas gunadarma. didalam BAAK terdapat berbagai macam info pelayanan:

Perkuliahan dan Ujian :

-      DAFTAR MATA KULIAH
Kita dapat mengetahui daftar mata kuliah perkelas, dan bisa mendownload dengan fitur ini dalam format pdf.

-      DAFTAR DOSEN PEMBIMBING PI
Kita  dapat mengetahui siapa dosen pembimbing kita pada saat PI nanti.

-      JADWAL KULIAH
Kurang lebih dua atau tiga minggu sebelum perkuliahan dimulai, BAAK (dalam hal ini Bagian Penjadwalan) mengumumkan jadwal kuliah tiap kelas untuk seluruh Jenjang / Jurusan / Fakultas.Jadwal kuliah per kelas ini akan diumumkan melalui BAAK On_Line atau ditempel di papan pengumuman di setiap lokasi kampus (C, D, E, dan G).

-      PENGURUSAN UJIAN BENTROK
Mahasiswa yang mengambil mata kuliah di kelas yang lebih atas atau mengulang di kelas yang lebih bawah, ada kemungkinan jadwal ujiannya bentrok (dua atau lebih mata ujian bersamaan waktu ujiannya). Bagi mahasiswa yang jadwal ujiannya bentrok, wajib melapor dan mengisi formulir yang disediakan oleh BAAK sesuai dengan batas waktu yang ditentukan.
Prosedur Pengurusan Ujian Bentrok:
o   Isilah form pengurusan ujian bentrok dengan lengkap dan benar (kesalahan pengisian tidak menjadi tanggung jawab BAAK)
o   Jika dalam satu hari terdapat lebih dari dua mata ujian, isilah seluruh jadwal ujian yang akan diikuti pada hari tersebut
o   Periksalah kembali data isian anda.
o   Setelah mengisi form, perhatikan petunjuk untuk langkah selanjutnya.
o   Untuk pengambilan surat keterangan ujian bentrok di loket BAAK, diwajibkan membawa 'lembar pengisian form online'.
o   Jadual dapat diambil satu hari sebelum ujian dimulai di BAAK (Loket 3)
o   Selama ujian berlangsung jadual dapat diambil di Gedung 3 Lantai 1, Kampus E (Sekretariat Dosen /  Panitia Ujian)

-      DAFTAR DOSEN WALI KELAS
Setiap kelas memiliki wali kelas masing-masing, dengan fitur ini kita dapat mengetahui siapa wali kelas kita

-      KALENDER AKADEMIK
Kalender Akademik yang berisi rincian kegiatan selama satu semester akan diumumkan diawal semester. Setiap mahasiswa wajib memperhatikan jadwal kegiatan yang tertera didalam kalender akademik karena setiap keterlambatan atau kelalaian dalam mengikuti kegiatan akademik akan berakibat pada pemberian sanksi skorsing atau tidak diperkenankan mengikuti kegiatan akademik tertentu.

-      PEMBUATAN KRS DAN PENDISTRIBUSIAN FRS
Kartu Rencana Studi atau KRS adalah kartu yang berisi daftar mata kuliah yang akan diikuti oleh setiap mahasiswa dalam satu semester. Dalam KRS tercantum data mahasiswa (NPM, Nama, Kelas, Fakultas, Jurusan, Jumlah Semester dan Tahun Akademik yang diikuti), Kode Mata Kuliah, Mata Kuliah, SKS dan Kelas yang diikuti. KRS berlaku/sah, jika ada pas foto mahasiswa yang bersangkutan dan cap Universitas.

-      JADWAL UJIAN
Tiga minggu sebelum Ujian Tengah  Semester / Akhir Semester dimulai, BAAK (dalam hal ini Bagian Ujian) mengumumkan Jadwal Ujian Tengah Semester / Akhir Semester per kelas untuk setiap Jenjang / Jurusan / Fakultas. Jadwal Ujian ini dapat dilihat pada BAAK On_Line atau ditempel di papan pengumuman di kampus C, D, E dan G.  Jadwal Ujian juga dapat ditanyakan di loket pelayanan BAAK atau di Sekretariat Dosen di tiap-tiap kampus.

Administrasi Akademik :

1.   CUTI AKADEMIK
Cuti Akademik adalah pembebasan mahasiswa dari kewajiban mengikuti kegiatan akademik selama jangka waktu tertentu. Cuti secara keseluruhan dapat diberikan sebanyak-banyaknya empat semester dan sekurang-kurangnya satu semester, dengan catatan tidak diambil lebih dari dua semester berturut-turut.

2.   TIDAK AKTIF KULIAH
Mahasiswa dinyatakan tidak aktif kuliah apabila tidak melakukan prosedur aktif (membayar uang kuliah, mengisi dan mengambil KRS sampai dengan batas waktu yang ditentukan) dan tidak mengajukan permohonan cuti akademik. Masa tidak aktif kuliah akan diperhitungkan dalam penentuan batas waktu studi.

3.   DAFTAR ULANG
Daftar Ulang adalah kegiatan perbaikan data alamat dan merencankan pembayaran uang kuliah untuk semester baru.


4.   PENGECEKAN NILAI
Pengecekan nilai pada DNS yang dimaksud adalah apabila terdapat mata kuliah yang nilainya tidak tercantum pada DNS sedangkan mata kuliah tersebut bukan mata kuliah utama/negara (tidak sesuai dengan KRS) atau apabila ada keragu-raguan pada nilai yang diperoleh dalam DNS.

5.   AKTIF KEMBALI
Yang dimaksud aktif kembali adalah mahasiswa yang akan Aktif Kembali setelah mahasiswa tersebut cuti akademik atau tidak aktif pada semester sebelumnya.

6.   PINDAH JURUSAN
Pindah jurusan yang dimaksud adalah pindah jurusan yang terdapat dalam satu fakultas dan diajukan setelah mahasiswa mengikuti kuliah sekurang-kurangnya 1 (satu) semester dan sebanyak-banyaknya 2 (dua) semester.

7.   PINDAH LOKASI / WAKTU KULIAH
Ketentuan Permohonan Pindah Kelas :
§  Pindah Lokasi Kuliah : contoh pindah dari kelas Salemba ke kelas Depok atau    sebaliknya.
§  Pindah Waktu Kuliah : contoh pindah dari kelas pagi ke kelas sore atau sebaliknya.


Pada halaman depan akan kita jumpai pilihan sbb :

^ KONTAK KAMI
kita dapat mengirim email langsung ke BAAK

^ NEWS
 yang berisi berita-berita terbaru tentang kemahasiswaan dan lain-lain.

^ SAP (Satuan Acara Perkuliahan)
Satuan Acara Perkuliahan (SAP) ialah yang berisi pembagian materi suatu matakuliah tiap kali kuliah (setiap pertemuan). SAP berisi rincian materi kuliah setiap pertemuan kuliah dan berikut tujuan belajarnya serta buku-buku acuan untuk belajar. Yang dimaksud tujuan belajar ialah apa yang minimal dikuasai mahasiswa setelah mendapat materi perkuliahan.

^ BUKU PEDOMAN

^ FAQ

Kelebihan BAAK:
o   Dapat menangani segala sesuatu yang berkaitan dengan akademik dan administrasi dengan sistem yang Online dan pelayanan yang cepat dan sigap.
o   Selalu update dalam memberikan informasi kepada mahasiswa.
o   Kantor pelayanan yang nyaman dan pelayanan yang ramah
o   Dapat bertanya lewat telepon atau email

Kekurangan BAAK:
ü  Untuk replly email bisa menunggu dalam beberapa hari.
ü  Keterangan atau informasi yang diberikan kadang kurang jelas dalam penjelasannya.
ü  Tidak ada notifikasi email saat ada berita atau pemberitahuan baru.
ü  Kurang jelas dalam memerikan informasi tentang jurusan perkuliahan sehingga calon mahasiswa kurang bisa mengerti jurusan mana yang hendak dia tuju.


Universitas Gunadarma memiliki beberapa jenis layanan yang dapat di akses oleh mahasiswa maupun dosen, beberapa contoh jenis layanan Universitas Gunadarma:

1 comments:

Unknown said...

numpang nanya email baak apaan ya

Post a Comment